Diskusi Akademik

“Academic Writing for Journal Publication”

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Shin’nichi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surabaya menyelenggarakan kegiatan Diskusi Akademik dengan mengangkat tema : “Academic writing for journal publication” yang berlangsung via zoom pada hari Sabtu, 20 Maret 2021 dengan menghadirkan Narasumber yang sudah sangat  kompeten di bidangnya yaitu Dr. Didin Fatihudin, SE., M.Si yang merupakan Reviewer national and International journal. Dan juga Founder/Chief editor Balance Economics,Mangement and Accounting Journal, sekaligus Dosen Tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surabaya.  Berlangsungnya Acara yang dibuka  oleh moderator ini dimulai pukul 19.30 WIB sampai dengan pukul 20.45 WIB. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan (RPK)PK. IMM Shin’nichi UMSurabaya,  Dimana Acara ini dihadiri oleh Ketua Umum PK. IMM Shin’nichi seluruh kader IMM serta Mahasiswa umum.

Diskusi Akademik yang bertemakan tentang Kepenulisan Jurnal ini dilaksanakan berdasarkan banyaknya keluhan mengenai kurangnya pemahaman para kader sebagai mahasiswa  tentang Jurnal tentu menjadi salah satu sorotan atau hal penting bagi seorang aktivis. Diskusi akademik ini membahas mengenai Tata Cara Menulis Jurnal Tata cara penulisan jurnal penelitian yang sering kali membuat teman-teman kader ataupun Mahasiswa  mengalami kebingungan, padahal di era baru pendidikan  sekarang menuntut jurnal sebagai syarat utama dalam berbagai moment seperti, penilaian kemampuan,  kinerja dll. Setiap jurnal yang terbit pun tidak terlepas dari beberapa kaidah atau aturan yang berbeda-beda, tergantung porsi yang diinginkan penerbit. Salah satu fenomena yang paling nyata adalah penggunaan jurnal ataupun artikel sebagai prasyarat untuk mendaftar suatu kegiatan, Beasiswa ataupun pekerjaan. Maka dari itu sangat penting pemahaman tentang pengetahuan bagaimana cara dan prosedur dalam penulisan jurnal.

Pada kesempatan ini Narasumber juga mengatakan bahwa yang  lebih penting disaat menulis  adalah memiliki pengetahuan “Apa yang harus ditulis dan bagaimana menuliskannya? . Misalnya, di bagian pendahuluan itu apa yang harus ditulis  jika judul artikel seperti ini. Alur pikirnya seperti apa. Keterkaitan antar paragraf bagaimana. Cara membangun argumen yang kokoh bagaimana. Dan yang paling penting adalah Judul harus mencakup semua aspek dalam karya tulis tersebut karena judul merupakan cermin dari seluruh tulisan yang anda buat”. Selesai pemaparan dari Narasumber yaitu dari Dr. Didin Fatihudin, SE., M.Si, barulah dibuka sesi tanya jawab oleh Immawati Erlika Sulistya Selaku Moderator dalam acara ini, Pada sesi tanya jawab ini dari peserta Diskusi banyak yang mengajukan pertanyaan kepada Narasumber, pertanyaan nya antara lain yaitu ; Dari Samsadi Al Masyhuri dari prodi Manajemen yang bertanya tentang cara melakukan wawancara kepada Narasumber supaya tidak Canggung ketika dilapangan agar dapat di jadikan fakta untuk dijadikan materi artikel atau jurnal. Penanya lain dari Abu Dzar Ar Rifa’i yang berasal dari prodi manajemen juga yang menanyakan terkait Pengambilan data dari artikel website yang dimana website atau artikel tersebut latar pembahasannya tidak secara mendetail agar dapat diolah sebagai informasi yang cukup.  Peserta Octavia Ika Wibowo juga bertanya tentang rcara mencari sumber-sumber yang relevan. Selain pertanyaan itu juga masih ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta  dan yang terakhir diitutup oleh penannya dari  Miftahul Qoiro Apriliani yang bertanya tentang cara mengatasi atau solusi untuk mencegah plagiarisme dalam penulisan karya tulis ilmiah yang tentunya tidak terlepas dari Ide/ gagasan dan teori yang sudah terlebih dahulu dipublikasikan oleh orang lain. Semua pertanyaan peserta Diskusi Akademik ini  dijawab oleh narasumber dengan ilmu implementatif dalam dunia tulis menulis di jurnal ilmiah.

 Diadakannya  kegiatan ini tentunya membawa banyak manfaat bagi para peserta Diskusi, tidak hanya dengan adanya Diskusi Akademik  yang memacu peserta untuk melek bidang kepenulisan, ada setidaknya beberapa  keuntungan yang dapat diperoleh yaitu : Pertama peserta dapat penjelasan langsung dari narasumber yang sudah kompeten di bidangnya, Kedua  mendapatkan  dokumen berupa  file materi dan contoh artikel dari pemateri, Ketiga Peserta dapat menanyakan keluhan secara langsung kepada pemateri mengenai hal – hal yang belum mereka pahami serta sumber sumber yang relevan untuk dijadikan sumber dan yang terakhir para peserta juga mendapatkan E-Sertifikat dari panitia pelaksana. IMM.

Sebagai Closing Statemen moderator memerikan kesimpulan bahwasanya Jurnal atau artikel selalu bersifat spesifik, artinya ditulis dalam perspektif disiplin dan subdisiplin ilmu tertentu. Dengan kata lain, merepresentasikan spesialisasi bidang ilmu pengetahuan tertentu, Proses penulisan jurnal ilmiah harus disusun dengan seksama, tidak seperti artikel biasa. Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi. Misalnya dalam hal susunan bab tulisan  dalam penyusunan Jurnal Ilmiah Ada 8 susunan yang harus ada, Mulai dari Judul, Abstrak, Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka.  Selain itu,  hal-hal teknis penulisan harus sudah settle (selesai) dari awal. Misalnya, berapa jumlah kata untuk abstrak. Jenis hurufnya apa dan font size-nya berapa. Termasuk yang harus dikuasai adalah  penulisan referensi dengan aplikasi seperti Grammarly, Zotero, atau Mandelle. Karena yang harus di ingat sebagai mahasiswa pengetahuan dan keterampilan dalam menulis jurnal atau artikel ini akan selalu  ada dalam proses penulisan skripsi. Jadi, jikalau menuliskan skripsi, pointnya tidak hanya sekedar selesai  targetnya saja. Namun hal yang paling penting adalah harus ada lesson learned dan output  yang bisa diterapkan dalam penulisan karya ilmiah di kemudian hari.

Diakhir acara Diskusi akademik dengan tema  “Academic Writing for Journal Publication” ini ditutup oleh Immawati Erlika Sulistya selaku  Moderator. Dalam paparanya diucapkannya terimakasih banyak atas partisipasi peserta Diskusi dan berharap pelaksanaan Diskusi ini bisa menjadi motivasi bagi para mahasiswa untuk kiat menjadi penulis dan tentunya dapat bermanfaat bagi kita semua. (Oleh : Erlika Sulistya)

Materi bisa download di SINI