ROADSHOW GERAKAN NASIONAL 1000 STARTUP DIGITAL DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan langkah awal bagi kita untuk menciptakan masa depan ekonomi digital Indonesia yang akan mengubah nasib bangsa. Gerakan ini ingin menciptakan banyak perusahaan rintisan berbasis digital untuk mentransformasi Indonesia menjadi negara maju dengan anak muda sebagai motor penggeraknya.

Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital tahun 2020 yang lalu telah dilaksanakan di 17 kota di Indonesia dan dibagi dalam beberapa tahap, mulai dari Ignition yaitu seminar untuk memaparkan permasalahan utama yang ada di Indonesia, dipaparkan oleh para pelaku yang ada di industri tersebut.

Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital tahun ini akan dilaksanakan di 20 daerah pelaksanaan: Ambon, Bali, Balikpapan, Bandung, Batam, D.I. Yogyakarta, Jakarta, Jayapura, Kupang, Lombok, Makassar, Malang, Manado, Medan, Pekanbaru, Pontianak, Semarang, Surabaya, Surakarta, dan Toba. Di masing-masing daerah ini akan didirikan #1000StartupDigital Corner sebagai pusat kolaborasi komunitas teknologi, kreatif, dan kewirausahaan digital. #1000StartupDigital Corner ini juga menyediakan co-working space di mana semua pelaku dan kreator lokal dapat berkolaborasi menciptakan solusi bagi kebutuhan masyarakat setempat hingga berkembang menjadi inovasi digital yang berkelanjutan.

Dalam mendukung Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Indonesia yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Surabaya melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)  bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika pada hari Minggu (29/8) mengangkat tema ‘Membangun Negeri Sejuta Potensi’. Kegiatan webinar tersebut mendapat antusias tinggi dari peserta, dosen, hingga pemateri.

Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah partisipan yang bergabung pada zoom webinar Roadshow Gerakan Nasional #1000 Startup Digital X Universitas Muhammadiyah Surabaya yang terdiri dari mahasiswa FEB dan beberapa Fakultas lainnya di UMSurabaya. Dihadiri oleh Dr. Mundakir, S. Kep., Ners., M. Kep selaku wakil Rektor IV Universitas Muhammadiyah Surabaya, Sonny Hendra Sudaryana, ST., M. MT selaku Koordinator Startup Digital Kementerian Kominfo. Narasumber dalam pengisi acara tersebut ialah Asri Wijayanti selaku Founder of Jahitin, dan Dr. M. Mochklas, MM. Selaku Dekan dari FEB UMSurabaya, Serta Adzra Imtiyas Asrin sebagai Moderator dalam mendukung kegiatan Roadshow kali ini di Surabaya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta memberikan inspirasi pada anak muda sehingga terdorong semangat dalam membangun potensi startup digital di Indonesia dan membangun pola pikir kewirausahaan yang dapat menemukan potensi untuk membentuk startup baru. Kegiatan tersebut didukung dengan semangat oleh Dr. Mundakir, S. Kep., Ners., M. Kep selaku Wakil Rektor IV UMSurabaya, dengan mengucapkan selamat datang pada seluruh partisipan yang mengikuti acara kegiatan roadshow Gerakan Nasional #1000 Startup Digital. “Sangat diapresiasikan untuk Dekan FEB UMSurabaya telah menyelenggarakan acara webinar yang sangat bermanfaat dan sejalan dengan visi misi dari Universitas Muhammadiyah Surabaya yaitu Entrepreneurship”.

Gerakan nasional siklus digital Indonesia merupakan langkah awal dalam menciptakan ekonomi digital untuk merubah masa depan bangsa lebih modern dan efisien, Sonny Hendra Sudaryana, ST., M.MT memaparkan “Alasan adanya Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah startup merupakan penyelamat bagi ekonomi di Indonesia pada saat pandemi seperti ini yang mana banyak warung atau perusahaan diharuskan untuk tutup”. Sehingga hal tersebut menjadikan alasan untuk negara Indonesia lebih maju dengan mentransformasikan  perusahaan berbasis digital.